string(1) "9"
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/hubinter/public_html/dhi/viewBerita.php:3) in /home/hubinter/public_html/dhi/header.php on line 3

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/hubinter/public_html/dhi/viewBerita.php:3) in /home/hubinter/public_html/dhi/header.php on line 6
DIVHUBINTER
Header
Kejahatan Di Laut

INTERPOL meluncurkan “Project Scale” untuk memberantas kejahatan perikanan

LYON, Perancis - INTERPOL telah meluncurkan “Project Scale”, sebuah inisiatif global untuk mendeteksi, menekan dan memberantas tindak pidana perikanan yang diperkirakan memakan biaya ekonomi global hingga USD 23 miliar setiap tahun dan terkait dengan kejahatan transnasional lainnya termasuk korupsi, pencucian uang, penipuan, perdagangan manusia dan narkoba.

Didanai oleh Norwegian Ministry of Foreign Affairs, the Norwegian Agency for Development Cooperation (NORAD) dan The Pew Charitable Trusts, di samping untuk meningkatkan kesadaran tentang kejahatan perikanan, “Project Scale” akan mengkoordinasikan operasi dengan target aktivitas kejahatan, “memutus” jalur perdagangan dan menyelaraskan upaya penegak hukum nasional dan regional.

Pada saat peresmian proyek ini pada INTERPOL’s International Fisheries Enforcement Conference (26 Februari) di Markas Besar Sekretariat Jenderal ICPO-INTERPOL di Lyon, Perancis, Mr. Jean-Michel Louboutin, INTERPOL’s Executive Director of Police Services, mengatakan bahwa Project Scale” akan menghentikan para penjahat yang mengeksploitasi sumber daya alam dunia.

"Jaringan global dan database INTERPOL merupakan sarana informasi yang dapat digunakan untuk pertukaran informasi tentang kejahatan perikanan secara real time, dan memberikan pelatihan penting untuk memastikan bahwa petugas garis depan memiliki pengetahuan dan keahlian yang mereka butuhkan”.

"Menangani kejahatan transnasional tidak dapat dilakukan tanpa dukungan dan kemitraan, dan “Project Scale” akan melihat kinerja INTERPOL dengan semua pihak yang terlibat - penegak hukum, non-governmental agencies dan sektor swasta - dalam memberikan respon terpadu dan kolektif terhadap kejahatan perikanan," tambah Mr Louboutin.

Dalam pidatonya kepada 200 peserta dari 63 negara, mantan Presiden Costa Rica, Mr.José María Figueres menyoroti kebutuhan untuk meningkatkan kebijakan pemerintahan dalam menangani illegal fishing.

Project Scale”, dipimpin oleh INTERPOL, merupakan langkah maju yang luar biasa dalam mengidentifikasi, mengurangi dan mudah-mudahan menghentikan illegal fishing dengan mengadopsi pendekatan yang komprehensif terhadap masalah ini," kata Mr Figueres, co-chair of The Global Ocean Commission.

"Illegal fishing merupakan masalah dimana kita cukup lama dalam mencari solusi ilmiah dan praktis, namun yang kita perlukan adalah mengembangkan kemauan politik," tambah Mr Figueres.

Arne Benjaminsen, Secretary General of Norway’s Ministry of Fisheries and Coastal Affairs mengatakan, “Project Scale” merupakan inisiatif unik dan memberikan keterkaitan kejahatan transnasional terhadap illegal fishing, saya yakin perlunya INTERPOL terlibat dalam mengatasi masalah global ini.

"Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah bahwa kejahatan perikanan transnasional sedang dibahas di tingkat global dan menggarisbawahi perlunya kerjasama global dalam menyelidiki aspek kriminal terkait illegal fishing," tambah Mr Benjaminsen.

"Melindungi laut dari illegal fishing adalah setara dengan perburuan kerbau terakhir," kata Josh Reichert, Executive Vice President of the Pew Charitable Trusts.

"Konferensi ini dan “Project Scale” adalah bagian penting dari visi kami pada sistem global untuk menghentikan kejahatan perikanan dan merupakan awal dari upaya-upaya baru oleh masyarakat internasional untuk secara signifikan mengurangi illegal fishing."

Selain merusak konservasi sumber daya, kejahatan perikanan mengancam ketahanan pangan dan mata pencaharian serta dapat menggoyahkan wilayah pesisir yang rentan. Di antara kegiatan ilegal yang dilakukan adalah pemanenan spesies yang dilarang, dan memancing bukan pada musimnya, melebihi kuota yang ditetapkan atau tanpa ijin.

"Seperti dengan semua jenis kejahatan lingkungan, mengembangkan kesadaran di kalangan penegak hukum dan pemerintah sangat penting, untuk memastikan bahwa peraturan yang sesuai sudah pada tempatnya sehingga polisi dapat mengambil tindakan dengan benar," kata David Higgins, Head of INTERPOL’s Environmental Crime Programme.

“Project Scale” adalah upaya terbaru INTERPOL untuk mendukung negara-negara anggotanya agar lebih efektif mengatasi kejahatan lingkungan hidup di mana pun itu dilakukan," tambah Mr Higgins.

“Project Scale” akan mengumpulkan dan menganalisis informasi dan intelijen pada semua jenis kejahatan terkait dengan illegal fishing, termasuk pajak dan penggelapan cukai, yang akan didukung dengan pembentukan Fisheries Crime Working Group dan National Environment Security Task Forces.(ICPO-INTERPOL)