string(2) "27"
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/hubinter/public_html/dhi/viewBerita.php:3) in /home/hubinter/public_html/dhi/header.php on line 3

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/hubinter/public_html/dhi/viewBerita.php:3) in /home/hubinter/public_html/dhi/header.php on line 6
DIVHUBINTER
Header
Deportasi

Ekstradisi Tomas Toman, Terpidana Kasus Pembunuhan ke Republik Ceko

Pada tanggal 15 Maret 2013, Pemerintah RI telah mengekstradisi Tomas Toman, WN Ceko ke Republik Ceko. Tomas Toman merupakan terpidana kasus pembunuhan di Ceko yang telah dijatuhi hukuman penjara 12 tahun. ICPO-INTERPOL telah menerbitkan Red Notice terhadap yang bersangkutan.

Tomas Toman ditangkap oleh Polda Bali pada tanggal 4 Juli 2011. Penangakapan ini ditindaklanjuti oleh otoritas di Ceko dengan mengirimkan permintaan ekstradisi kepada Pemerintah RI. Permintaan ekstradisi dari Pemerintah Ceko atas nama Tomas Toman telah dikabulkan oleh Pemerintah RI sesuai Keputusan presiden RI Nomor 4 Tahun 2013 tanggal 18 Januari 2013.

Penyerahan Tomas Toman kepada Pemerintah Ceko dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2013 di Bandara Ngurah Rai. Empat petugas kepolisian Ceko menerima penyerahan tersebut dan mengawal yang bersangkutan ke Ceko untuk menjalani hukuman. Tomas Toman dengan dikawal satu petugas INTERPOL Praha dan 3 petugas Airmarshal Ceko meninggalkan Indonesia dengan menggunakan pesawat Korean Airlines KE 630 pada tanggal 15 Maret 2013 pukul 00.35.

Ekstradisi Tomas Toman ke Ceko menunjukkan komitmen Pemerintah RI dalam menanggulangi kejahatan transnasional. Meskipun antara Iindonesia dan Ceko belum terikat perjanjian ekstradisi namun semangat dan komitmen telah mampu memupus kendala tersebut. Ekstradisi Tomas Toman juga menunjukkan bahwa tidak ada tempat bagi para kriminal yang harus mempertanggungjawabkan perbuatan pidana mereka. Bali bukan merupakan tempat persembunyian bagi buronan internasional. (Jatinter DHI)