string(2) "24" DIVHUBINTER
Header
Interpol

Perdagangan Gading Ilegal Secara Online Bernilai Jutaan Euro Terungkap

LYON, Perancis - Sebuah laporan INTERPOL mengidentifikasi adanya perdagangan gading ilegal secara online dengan skala besar bernilai sekitar EUR 1,45 juta pada situs lelang internet di sembilan negara Eropa selama dua minggu.

Selama “Project Web” berlangsung yang didukung oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW), ditemukan bahwa hasil analisis para ahli, lembaga nasional dan departemen dari 660 iklan di 61 situs diperkirakan terdapat sejumlah 4.500 kg gading yang diperdagangkan.

Dengan sedikitnya kewajiban para penjual untuk membuktikan legalitas dari gading, dan investigasi IFAW sebelumnya menunjukkan bahwa gading adalah produk satwa liar yang paling banyak diperdagangkan di Internet, salah satu rekomendasi kunci laporan ini adalah pengenalan undang-undang khusus e-commerce dan kolaborasi yang kuat dengan bea cukai untuk penyelidikan lebih lanjut dan mencegah penjualan gading ilegal secara online.

"Baik di dunia nyata maupun maya, perdagangan gading ilegal merupakan salah satu ancaman terbesar bagi gajah di alam liar, dan upaya penegakan hukum harus dilakukan untuk keduanya jika kita ingin mengatasi kejahatan ini secara efektif," kata David Higgins, Manager of INTERPOL’s Environmental Crime Programme.

"Upaya penegakan melawan kejahatan satwa liar secara online masih dalam tahap awal dan menghadapi tantangan baru, tetapi dukungan yang ditunjukkan oleh negara-negara yang turut serta dalam “Project Web” dan rekomendasi untuk tindakan di masa depan adalah dasar yang kuat untuk mengembangkan respon kolektif dalam menghadapi masalah serius ini", tambah Mr. Higgins.

Laporan INTERPOL tentang penjualan gading online disampaikan pada konferensi CITES global yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand untuk mengatasi perdagangan gading ilegal sebagai bagian dari diskusi mengenai berbagai masalah yang berkaitan dengan perdagangan satwa internasional dan perlindungan spesies.

Pada tahun 2010, CITES menyetujui sebuah resolusi bahwa negara-negara ‘mengevaluasi atau mengembangkan langkah-langkah domestik untuk memastikan bahwa mereka mampu menghadapi tantangan dalam mengendalikan perdagangan satwa secara legal, menyelidiki perdagangan satwa ilegal dan menghukum para pelaku kejahatan’.

"Resolusi CITES merupakan langkah penting untuk menunjukkan komitmen internasional dalam memerangi kejahatan satwa liar secara online. Kolaborasi dengan pihak penegak hukum atas “Project Web” menandai satu lagi langkah penting menuju upaya yang terkoordinasi dan melibatkan kami semua untuk menghapuskan perdagangan yang merusak ini, "kata Azzedine Downes, Presiden dan CEO IFAW.

Sebanyak 41 persen kategori terbesar barang-barang dari gading adalah patung, aneka okimonos dan netsukes Jepang hingga patung gajah Afrika dan manusia, dengan perhiasan yang mewakili sembilan persen dari barang-barang dan tujuh persen untuk ukiran dan gading mentah.

Sebagai hasil dari pengawasan, enam penyelidikan nasional dan tiga penyelidikan internasional telah dilaksanakan pada kasus dimana gading digambarkan sebagai barang baru atau di mana gading sedang diperdagangkan dari luar negeri. Hasil dari investigasi ini masih sedang disusun.

Di bawah naungan “Project Wisdom” INTERPOL, yang dirancang untuk mendukung dan meningkatkan tata kelola dan kapasitas penegakan hukum untuk konservasi gajah dan badak, “Project Web” adalah penyelidikan perdagangan satwa liar melalui internet pertama yang dikoordinasikan oleh organisasi kepolisian dunia.