string(2) "21"
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/hubinter/public_html/dhi/viewBerita.php:3) in /home/hubinter/public_html/dhi/header.php on line 3

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/hubinter/public_html/dhi/viewBerita.php:3) in /home/hubinter/public_html/dhi/header.php on line 6
DIVHUBINTER
Header
MOU

Pengaturan Kerjasama Antara RI-Korsel

PENGATURAN KERJASAMA
ANTARA
KEPOLISIAN NASIONAL KOREA SELATAN
DAN
KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Kepolisian Nasional Korea Selatan dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (selanjutnya disebut "Para Pihak")

Menyadari pentingnya peningkatan kerjasama antara organisasi kepolisian di kedua negara atas dasar saling menghormati kedaulatan, kesetaraan dan keuntungan bersama sesuai dengan prinsip-prinsip hukum dan perjanjian internasional yang telah disetujui.

Dengan ini menyetujui sebagai berikut:

Paragraf 1

Kedua pihak akan meningkatkan kerjasama untuk mencegah dan menindak kejahatan melalui pertukaran informasi dan pengalaman-pengalaman praktis sesuai dengan hukum dan perundang-undangan negara masing-masing dalam ruang lingkup kompetensinya.

Paragraf 2

Kedua pihak akan bekerjasama dalam pencegahan, penindakan dan deteksi kejahatan, utamanya dalam memerangi tindakan-tindakan sebagai berikut:

  1. Tindak kejahatan terorisme.
  2. Produk dan perdagangan gelap narkotika dan bahan-bahan psikoterapika, serta bahan precursor.
  3. Kejahatan terorganisir.
  4. Perdagangan gelap senjata, amunisi, bahanpeledak, bahan-bahan beracun dan bahan-bahan radioaktif.
  5. Pemalsuan dan kejahatan ekonomi, yang meliputi pencucian hasil tindak kejahatan.
  6. Pemalsuan uang, pasport dan surat-surat berharga.
  7. Perdagangan manusia.
  8. Tindak kekerasan terhadap kehidupan manusia, hak untuk mendapatkan kesehatan serta hak atas harta benda.

Paragraf 3

Kedua pihak juga akan bekerjasama sesuai dengan garis-garis besar berikut:

  1. Kedua pihak akan meningkatkan kerjasama dalam kerangka ICPO-Interpol sesuai dengan hukum yang berlaku di negara masing-masing. Kerjasama ini akan direalisasikan melalui Bidang Kerjasama Internasional atau National Central Bureau (NCB) Interpol.
  2. Informasi dan hal-hal teknis berdasarkan Pengaturan ini akan selalu dijaga kerahasiannya apabila Pihak yang memberikan informasi meminta demikian dan agar tidak disampaikan kepada Pihak ketiga tanpa sepengetahuan Pihak yang memberi informasi.

Paragraf 4

Kedua Pihak sepakat untuk berkerjasama dalam meningkatkan kapasitas sumber daya kepolisian masing-masing, baik melalui kerjasama pendidikan dan latihan serta bantuan sarana dan prasarana pendidikan dan latihan kepolisian.

Paragraf 5

Kedua Pihak dapat mengirimkan delegasinya masing-masing dipimpin oleh Perwira atau delegasi tingkat kelompok kerja untuk membicarakan cara-cara peningkatan kerjasama sesuai dengan Pengaturan ini. Dalam hal ini pengiriman delegasi yang dipimpin oleh seorang Perwira, biaya perjalanan internasional pergi-pulang akan dibayar oleh Pihak yang Mengirim, dan Pihak yang Menerima akan bertanggung jawab atas biaya akomodasi.

Paragraf 6

Pengaturan Kerjasama ini tidak dapat mempengaruhi hak dan kewajiban yang ada pada kedua Pihak, kecuali ada perjanjian lain yang dibuat kemudian.

Paragraf 7

Pengaturan ini akan berlaku pada tanggal penanda-tanganan dan selanjutnya akan terus berlaku kecuali salah satu pihak berkeinginan menghentikannya dengan memberikan pemberitahuan 6 (enam) bulan sebelumnya.

Ditanda-tangani di Jakarta pada tanggal tiga puluh bulan Agustus tahun dua ribu empat dalam 3 (tiga) naskah asli, masing-masing dalam Bahasa Korea, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang kesemuanya sama otentiknya. Apabila akan terjadi perbedaan interpretasi, maka teks berbahasa Inggris yang dijadikan acuan.